Monday, February 14, 2011

Bolu Santan Pelangi


Waah.....ga berasa hampir setahun aku ga pernah update ini blog....banyak pesanan cake tapi entah kenapa selalu saja ada kendala yg membuat aku susah mengupdate ni blog.....dari yang lupa motret hasil karyaku..padahal sudah dikerjakan jungkir balik.....eeh aku jg yg ga bs menikmati hasilnya....sama masih terikatnya aku ama kerjaan sekarang......huhuhuhuuu.....
Resep ini adalah resep pertama kali ku buat dr pertama menikah.....dan kebetulan suami suka.....resepnya ada dibalik kemasan Santan Kara.....setelah sekian tahun aku cari2 akhirnya kutemukan juga....buru2 ah di upload disini sebelum resepnya hilang entah kemana......




BOLU SANTAN PELANGI

Bahan :
200ml santan Kara
100ml minyak sayur
500gr gula pasir
8 btr telur ayam
350gr tepung terigu
1 sdm TBM dan 1/2 sdt VX....biasanya aku cukup pakai 1 sdm emulsifier apa aja
1 sdt vanili
essence/pasta/pewarna pandan (hijau) dan strawberry (merah)

Cara membuat :
Siapkan Loyang. Di resep aslinya memakai Loyang 22cm tapi aku lebih suka memakai loyang diameter 20cm dan hasilnya bisa dapat 2 loyang 20cm. Aku lebih suka ukuran kue yang tidak terlalu tinggi, hasil bolu sekitar 5cm...selain irit dan bs bagi2 utk semua orang hehehe......Jadi kalau mau hanya dapat 1 loyang saja, maka resep yang dipakai cukup 1/2 resep saja. Menghindari lengket di bagian dasar, loyang diolesi mentega kemudian lapisi kertas roti dan olesi mentega kembali.
Panaskan Dandang...supaya saat kita selesai dengan adonan kita bisa langsung masuk dandang utk dikukus tanpa menunggu lama lagi.
Mulai buat adonan ya....Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, masukkan emulsifier kocok terus hingga mengembang sempurna berwarna putih dan kaku tapi kalaupun aku masukan emlusifier pada saat pertama kalipun tidak masalah....adonan mengembang kaku sempurna.
Masukan tepung terigu kocok terus lalu masukan minyak sayur, santan kara serta vanili (versi malas).
Lebih baik lagi kalau pada saat mulai memasukkan tepung terigu diaduk balik saja pakai spatula setelah itu masukan minyak sayur dan santan kara aduk rata. Hal ini menjaga agar adonan tidak turun karena overmixed.
Bagi adonan menjadi 3 bagian, adonan pertama beri pasta pandan (hijau), adonan kedua beri pasta strawberry (merah) sedangkan adonan terakhir biarkan polos.
Tuangkan adonan merah ke loyang, kukus hingga matang, kurang lebih 10-15 menit. Seperti biasa utk mengetahui adonan sdh matang bisa lakukan tes tusuk. kemudian masukan adonan putih kukus lagi hingga matang dan terakhir masukan adonan warna hijau. Kukus hingga matang semuanya kemudian angkat dan dinginkan. Baru bisa kita keluarkan dari loyangnya.....

Selamat mencoba......

No comments:

Post a Comment